Friday 21 November 2014

Masalah Kenakalan Remaja Di Indonesia

            Di Indonsia yang kita cintai dan tempati selama betahun-tahun lamanya ini ada banyak sekali fenomena kenakalan remaja yang semakin meluas. Bahkan hal ini sudah terjadi sejak dulu. Kenakalan Remaja, seperti sebuah lingkaran hitam yang tak pernah putus. Masalah kenalan remaja merupakan masalah yang kompleks terjadi di berbagai kota di Indonesia. Sejalan dengan arus globalisasi dan teknologi yang semakin berkembang, arus informasi yang semakin mudah diakses serta gaya hidup modernisasi, disamping memudahkan dalam mengetahui berbagai informasi di berbagai media, di sisi lain juga membawa suatu dampak negatif yang cukup meluas di berbagai lapisan masyarakat.
Kenakalan remaja di Indonesia saat ini dapat digambarkan sebagai berikut :
1.    Geng motor
2.    Seks bebas
3.    Tawuran
4.    Narkoba
5.    Minuman keras

Penyebab dari perilaku ‘nakal’ remaja bisa diterjadi oleh faktor dari  remaja itu sendiri (internal) maupun faktor dari luar (eksternal).

  • Faktor internal:
·         Krisis identitas: Perubahan biologis dan sosiologis pada diri remaja memungkinkan terjadinya dua bentuk integrasi. Pertama, terbentuknya perasaan akan konsistensi dalam kehidupannya. Kedua, tercapainya identitas peran. Kenakalan ramaja terjadi karena remaja gagal mencapai masa integrasi kedua.
·         Kontrol diri yang lemah: Remaja yang tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku yang dapat diterima dengan yang tidak dapat diterima akan terseret pada perilaku ‘nakal’. Begitupun bagi mereka yang telah mengetahui perbedaan dua tingkah laku tersebut, namun tidak bisa mengembangkan kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya.


  • Faktor eksternal:
·         Keluarga dan Perceraian orangtua, tidak adanya komunikasi antar anggota keluarga, atau perselisihan antar anggota keluarga bisa memicu perilaku negatif pada remaja. Pendidikan yang salah di keluarga pun, seperti terlalu memanjakan anak, tidak memberikan pendidikan agama, atau penolakan terhadap eksistensi anak, bisa menjadi penyebab terjadinya kenakalan remaja.
·         Teman sebaya yang kurang baik
·         Komunitas/lingkungan tempat tinggal yang kurang baik.

Kenakalan remaja biasanya dilakukan oleh remaja-remaja yang gagal dalam menjalani proses-proses perkembangan jiwanya, baik pada saat remaja maupun pada masa kanak-kanaknya. Masa kanak-kanak dan masa remaja berlangsung begitu singkat, dengan perkembangan fisik, psikis, dan emosi yang begitu cepat. Seringkali didapati bahwa ada trauma dalam masa lalunya, perlakuan kasar dan tidak menyenangkan dari lingkungannya, maupun trauma terhadap kondisi lingkungannya, seperti kondisi ekonomi yang membuatnya merasa rendah diri. Namun pada kenyataanya orang cenderung langsung menyalahkan, menghakimi, bahkan menghukum pelaku kenakalan remaja tanpa mencari penyebab, latar belakang dari perilakunya tersebut.

Solusi :
Memperbanyak pelajaran BP/BK disekolahan agar remaja-remaja mengetahui akan bahayanya Narkoba, Minuman keras, dan Seks bebas. Perlunya perhatian dari Pemerintah untuk memperketat keamanan agar Narkoda tidak bisa masuk ke Negara yang kita cintai ini. Dan juga adanya perhatian dari orang tua terhadap anaknya.

www.gunadarma.ac.id
www.studentsite.gunadarma.ac.id



1 comment: