Tuesday 18 November 2014

Masalah Sosial Di Indonesia

          Di Indonesia ada banyak sekali yang namanya masalah sosial . Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya. Berikut ini ada beberapa faktor masalah sosial yang masih harus dihadapi oleh bangsa Indonesia dan butuh penanganan bersama-sama antara pemerintah dan masyarakat.
  1. Faktor Ekonomi : Kemiskinan, Meski saat ini angka pertumbuhan ekonomi bangsa kita terus       menunjukan grafik kenaikan namun pada kenyataannya masih banyak masyarakat di sekitar kita yang hidupnya masih berada di bawah standar yang layak.
  2. Faktor Budaya : Kenakalan remaja, Saat ini kita sering sekali mendengar berita tentang anak sekolah yang tawuran. Ini membuktikan kalau pendidikan di Indonesia juga masih rendah karena remaja-remaja tersebut bukannya mencari ilmu di sekolah tetapi malah membuat sebuah geng yang nantinya bisa meresahkan masyarakat.
  3.  Faktor Biologis : Penyakit, Di lingkungan Indonesia terdapat banyak sekali sampah yang berserakan , bukan cuma di daratan saja tetapi di sungai pun sampah juga ada bayak. Dengan adanya banyak sampah di Indonesia  ini, bisa menyebabkan berbagai macam penyakit menular.
  4.  Faktor Psikologis : Sakit jiwa, Pasti semua orang di Indonesia pernah melihat yang namanya orang gila.   Salah satu faktor penyebab orang bisa menjadi gila adalah karena ada banyak sekali orang yang menganggur yang nanti orang tersebut memiliki banyak masalah sehingga bisa menggangu kondisi kejiwaan orang tersebut.
Solusi :

         Adanya perhatian yang lebih  dari pemerintah, dengan  membuka lapangan pekerjaan yang layak. Dan juga peningkatan mutu pendidikan di semua lapisan masyarakat, dan pembinaan mengenai teknik akan pekerjaan yang di berikan pada masyarakat dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mejaga lingkuan.

www.gunadarma.ac.id
www.studentsite.gunadarma.ac.id

No comments:

Post a Comment